Selasa, April 20, 2010

INFO: Cegah Stroke dengan Jalan Kaki

Berjalan kaki minimal dua jam sepekan akan mereduksi risiko terkena stroke.




















Anda ingin terhindar dari serangan stroke? Banyak-banyaklah berjalan. Menurut penelitian yang dilakukan tim Harvard School of Public Health, Amerika Serikat, wanita dapat mengurangi risiko serangan stroke dengan berjalan.

Wanita yang suka berjalan cepat memiliki risiko terkena stroke 37 persen lebih rendah daripada mereka yang jarang berjalan. Wanita yang berjalan setidaknya dua jam seminggu mereduksi risiko terkena stroke sebesar 30 persen.

Kesimpulan itu dipubikasikan secara online di Jurnal American Heart Association Stroke. "Akan lebih baik selama berjalan cepat, wanita juga saling berbicara dan mengajak teman mereka," kata Jacob Sattelmair, kepala penelitian, seperti dikutip dari laman Associated Press.

Penelitian yang dikhususkan pada wanita ini, melibatkan 39.000 pekerja berusia 45 tahun ke atas. Secara periodik selama 12 tahun, mereka dimintai keterangan mengenai aktivitas fisiknya. Dalam kurun 12 tahun, sebanyak 579 responden mengalami stroke.

Selain berjalan, studi ini juga melihat aktivitas olahraga seperti lari, berenang dan bersepeda. Tapi para peneliti tidak menjelaskan detail bagaimana aktivitas fisik ringan seperti berjalan bisa mereduksi risiko terkena stroke.

Mereka mengatakan, mungkin aktivitas ringan semacam itu lebih baik dalam menurunkan tekanan darah, dan mengurangi risiko stroke. "Hal yang menggembirakan adalah bahwa aktivitas ringan sangat efektif dalam mengurangi risiko stroke," kata Dr. Anand Rohatgi, ahli jantung dari University of Texas Southwestern Medical Center.

Sumber : Pipiet Tri Noorastuti, Mutia Nugraheni • VIVAnews

Semoga bermanfaat

SBT 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar