Selasa, Maret 23, 2010

Hati-hati dengan notifikasi dari Facebook.com ke email kamu...


Facebook menjadi trensetter sekarang, hampir semua orang mempunyai akun facebook, karena di facebook bukan hanya sekedar social bookmarking saja, ini juga dilengkapi dengan permainan yang mengandung unsur "Uang" maka dari itu banyak yang mencoba "mengambil" sesuatu dari akun anda.

Ada beberapa cara yang digunakan hacker untuk bisa mengambil data-data akun anda seperti:

1. Fake Login

2. Keylogger

3. Worm virus

4. Fake Email

5. dll.

kali ini saya mencoba membahas apa yang masuk ke email saya yaitu jenisnya Fake Email.

Fake email ini berupa pesan yang masuk ke email kita dan berpura-pura meminta aktivasi dari akun facebook kita dengan cara mendownload attachment yang dia kirim, file yang di download bermacan-macam kerjanya, ada yang berfungsi sebagai keylogger untuk mengambil semua data yang bersifat rahasia dari komputer kita seperti user name dan password. ada juga yang sebagai aplikasi html jika di klik dia akan dijalankan oleh browser dan intinya meminta data kita, ketika kita mengklik "Submit" atau "Ok" itu semua terkirim ke servernya si pengirim.

maka hati-hatilah jika mendapatkan email dengan pesan seolah-olah penting.

berikut contoh emailnya:


Gambar diatas merupakan kiriman notifikasi dari Facebook, pihak facebook mengirim dengan alamat doomain @facebookmail.com (maaf, demi privasi terpaksa ada yang disensor).

dan bandingkan dengan yang satu ini:


Gambar diatas merupakan "fake email" dari pengirim mempunyai domain "@facebook.comyang iseng ingin mengambil data di komputer saya, keraguan muncul karena peng, bisa dilihat dia mengirimkan attachment dan jika saya klik attachment tersebut mengandung virus/ worm.

Tipsnya adalah:

1. Lebih berhati-hati membuka email notifikasi dari yang mengaku-ngaku Facebook Team atau apa aja

2. Jika tidak ada kesalahan yang kita lakukan maka akan tetap baik-baik saja dan pihak facebook tidak akan sembarangan mengirim email kalau akun kita tidak bermasalah

3. Jika kita curiga ada yang mengirim email yang mengaku2 team facebook, jangan pernah membuka atau mengklik sembarangan attachment dan link yang dikirim didalamnya.

Sekian dari shandybt, semoga sharing informasinya jadi lebih menyenangkan.

Sumber: Pengalaman pribadi dan beberapa situs internet

SBT2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar